Oleh: kanikana | 8 Mei 2009

Empat Alasan Untuk Mulai Jogging

1. Sangat Murah dan Mudah

Jogging itu sangat murah untuk dilakukan. Kenapa? karena yang kamu butuhkan hanyalah sepatu dan outfit olahraga. Selain itu, setiap orang pasti tahu bagaimana caranya berlari. Jadi, tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk mengikuti kelas khusus. Yang perlu kita lakukan hanya bangun lebih pagi dan berlari sambil menghirup udara pagi yang sejuk. Segarnya..

2. Bakar Kalori!

Tahukah anda kalau berlari dapat membakar banyak kalori. Sebuah penelitian di Medical College of Wisconsin and the VA Medical Center membuktikan bahwa berlari (penelitiannya menggunakan treadmill pada hard “exersion” level) dapat membakar kalori sebanyak 705-865 selama satu jam.  Selain itu berlari juga dapat menguatkan jantung kita loh.  jogging_girl

3. Menghindari Penyakit

Para ahli yakin bahwa olahraga yang teratur dapat mengurangi risiko terkena kanker. Salah satu study di the British Journal of Cancer menyebutkan bahwa orang-orang yang “aktif” memiliki kemungkinan terkena kanker kolon 24% lebih kecil daripada mereka yang “kurang aktif”. Sedangkan dalam study yang dilakukan oleh National Cancer Institute, wanita dengan berat badan normal yang aktif melakukan olahraga (berlari, aerobik dan lainnya) memiliki risiko terkena kenker payudara 30%  lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga. Jogging juga dapat mengurangi risiko terkena Osteoarthritis. Menurut penelitian, wanita dengan berat badan yang berlebihan atau obesitas memiliki risiko 4 kali lebih besar dibandingkan wanita dengan berat badan normal untuk menderita Osteoarthritis. Dengan rajin dan rutin berlari maka berat badan kita akan tetap normal. Dengan berat badan normal maka risiko akan Osteoarthritispun dapat kita hindari. 

4. Mengurangi Stress

The University of Georgia Department of Exercise melakukan penelitian mengenai mood dan physiological symptoms kepada orang-oarang yang beristirahat selama  satu jam atau berolahraga selama satu jam. Hasilnya mereka yang berolahraga selama jam dapat mengurangi kecemasannya 3 kali lebih besar daripada mereka yang beristirahat selama satu jam. Hebat bukan?. Berlari bahkan digunakan para ahli kesehatan mental untuk mengatasi masalah depresi klinis dan gangguan lain seperti kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Bagaimana? Tertarik untuk berolahraga yang murah dan menyehatkan?  Tidak perlu pikir panjang, pilih saja ber-jogging.
🙂

Iklan

Responses

  1. annyeonghaseyo…

    wuaahh, pertamaaaaxx…

    oh iya ya… bagus juga artikelnya,, berguna bgd..
    pengen deh bisa bakar lemak,, tapi kayaknya males juga ya… hehehehe…
    tampilin dunk artikel yang bisa membuat kita ga males olahraga…

    okay okay???

    trus tampilan blog nya yang rame dunks…

    kamsahamnida…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: